Sabtu, September 05, 2009

Jelang Ketika Cinta Bertasbih 2


Para aktor dan aktris muda ini tampak makin sibuk dengan kegiatan masing-masing. Selain aktif menjadi pembicara dalam sejumlah acara terkait dengan sosok mereka sebagai pemain utama film atau berbicara tentang film yang diproduksi SinemArt itu, mereka juga punya aktifitas pribadi yang lumayan padat. Tak pelak lagi, sukses penayangan film Ketika Cinta Bertasbih (KCB), sejak 11 Juni 2009, membuat Odi, Oki, Arsyil, Meyda dan Alice mendapatkan berkah luar biasa.

Odi panggilan akrab Kholidi misalnya, sudah memasuki masa perkuliahan di Universitas Al-Azhar Indonesia, Jakarta, awal September lalu Tahun ini, pemuda asal Pasuruan, Jawa Timur itu, tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik jurusan Ilmu Komunikasi. Tanggal 1 September 2009, Odi mulai menjalani masa orientasi mahasiswa atau opspek yang digelar bagi mahasiswa baru selama sepekan. Odi tercatat sebagai lulusan SMAN 55 Jakarta Selatan tahun 2007.

Istimewanya, Odi mendapat beasiswa dari universitas itu selama 8 semester lantaran ‘berkah’ film KCB yang dibintanginya. Atas rekomendasi Neno Warisman, mantan penyanyi yang kini aktif sebagai pendakwah, universitas tersebut memberikan beasiswa pada pemuda kelahiran 30 Maret 1989 ini.

“Bukan hanya lantaran sosok saya sebagai pemain film, yag menjadi pertimbanan beasiswa diberikan, Bunda Neno meyakinkan pihak universitas bahwa saya dianggap memiliki multiple intelengence, sehingga pantas diberi kesempatan menjadi mahasiswa. Ini berkah film KCB karena lewat film ini saya berkenalan dengan Bunda Neno,” tandas Odi.

Harap maklum, Neno adalah salah satu juri audisi pemai KCB, tahun silam, sekaligus pembimbing Odi tatkala sudah terpilih menjad pemeran Azzam. Menjadi mahasiswa dengan program beasiswa ibarat mimpi yang menjadi kenyataan bagi Odi. Sejak lulus SMA, Odi belum berkesempatan mendaftar kuliah lantaran ketiadaan biaya. “Saya akan belajar dengan sungguh-sungguh. Cita-cita saya ingin membuat tayangan televisi yang baik dan mendidik bagi anak-anak dan keluarag di Indonesia,” tandasnya.

Lain Odi, lain pula Arsyil. Pemeran Furqon dalam film KCB ini sedang sibuk menjalani ujian di dua kampus sekaligus. Saat ini Arsyil tercatat sebagai mahasiswa Fisika semester 8 Universitas Hasanudin Makassar sekaligus menimba ilmu teknik informatika di STIMIK, Dipanegara, Makassar pada semester yang sama. “Aku sedang mengurus kepindahan kampus di Jakarta. Tinggal tugas akhir kok,” tutur pemuda kelahiran Makassar, 15 September 1987. Keputusan ini diambil lantaran Arsyil melihat peluang karirnya di Ibukota menyusul keberhasilanya bermain dalam film KCB.

Setali tiga uang, Oki Setiana Dewi juga masih asyik menimba ilmu di Fakultas Sastra Universitas Indonesia jurusan Sastra Belanda. Bersama pemai lain, Oki aktif tampil sebagai pembicara dalam sejumlah diskusi yang membahas tentang film Islami dan membagi pengalaman bagaimana anak muda bisa berprestasi di dunia seni meski tampil menutup aurat atau berjilbab.

Sementara, Meyda “Husna” Sefira, yang masih kuliah di Bandung, lebih sering tampil dalam berbagai kesempatan seperti acara talkshow di mal, bincang-bincang di stasiun radi hingga menjadi nara sumber di berbagai acara televisi. Dan, Alice Norin, si pemeran Eliana juga tak kalah sibuknya. Kebintangannya makin bersinar sejak dikenal sebagai salah satu pemeran utama film KCB. “Banyak manfaat yang bisa saya dapatkan dari film ini,” tuturnya.

Tentang Love Story

Kesibukan ini sejalan dengan persiapan penayangan film KCB 2 bakal tayang perdana serentak di puluhan bioskop pada tanggal 17 September 2009 mendatang. KCB 2 seperti diharapkan Dani Sapawie , Line Producer dari SinemArt, bias mengikuti kesuksesan film KCB dan bahkan lebih. “Sisi dramanya lebih kental dan apa yang menjadi pertanyaan dalam film KCB terjawab dalam sekuelnya,” papar Dani.

Chaerul Umam, sang sutradara mengaku puas dengan kemampuan akting para pemain dalam mengaduk-aduk emosi penonton. KCB 2 diharapkan bisa menjadi film liburan Lebaran yang sukses dinikmati keluarga Indonesia. Inti kisahnya yang bertutur tentang love story, mengingatkan kita pada kisah-kisah drama favorit dalam khasanah perfilman nasional.

Jika Indonesia memiliki ikon pasangan Sophan Sophian-Widyawati di era kejayaan film tahun 1970-an dan Rano Karno-Lidya Kandao lewat film-film remaja di tahun 1980-an, mengapa KCB 2 tidak bisa mengikuti jejak sukses itu dengan hadirnya Odi-Oki. Film yang diangkat dari kesuksesan mega best seller novel dengan judul yang sama karangan Kang Abik ini, lebih terasa indah lagi karena menawarkan kisah tentang cinta dan takdir kehidupan dalam setting pemahaman nilai-nilai yang Islami. Kisah yang benar-benar inspiratif dan mencerahkan,

Dalam catatan, film-film drama di Tanah Air sempat mendapat tempat terhormat dan diminati pencinta film nasional. Hadirnya KCB 2 dalam sentuhan tangan sutradara Chaerul Umam, yang akrab disapa Mamang, seperti oase di tengah padang pasir. Masyarakat Islam Tanah Air merindukan kisah-kisah drama yang dekat dengan kehidupannya serta menawarkan nilai-nilai kebaikan yang bisa menjadi sumber inspirasi.

Jika dalam KCB menawarkan kisah perjuangan Azzam, Oki dan Furqon sebagai mahasiswa di negeri orang, maka KCB 2 adalah sajian ‘pertarungan’ mereka dalam mengamalkan ilmu kehidupan sesunguhnya. Dalam sekuel kedua, diceritakan bagaimana Azzam berjuang menjadi ‘orang’ di Tanah Air sekaligus mencari cinta sejatinya. Sementara Anna dan Furqon, harus menerima kenyataan dilematis atas pernikahannya.

Seperti apa takdir bagi insan-insan muda ini yang digambarkan dalam film? Kehadiran lima bintang utama film didampingi dengan penampilan sejumlah pemain muda lain yang sudah lebih dulu kondang. Ada Dude Harlino dan Asmirandah yang juga beradu akting dengan limabintang muda segar ini. Dude dan Asmirandah memerankan tokoh siapa?

Selain itu, KCB 2 tampak makin greget dengan akting para aktor dan aktris senior. Deddy Mizwar dan Niniek L.Karim mendapat porsi cukup besar dalam banyak adegan. Para penonton yang sudah kepincut dengan KCB yang sukses disaksikan oleh tak kurang 3 juta orang, bakal penasaran untuk segera menyaksikan KCB 2 yang akan mulai tayang di bioskop pada 17 September 2009.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar